Sabtu, 06 Juni 2009

Mencetak dengan Yahoo! Photos

Yahoo! Photos tidak hanya menawarkan fasilitas berbagi, tapi juga mencetak foto. Dengan Yahoo! Photos, Anda dapat mengatur di mana akan mencetak. Anda dapat mencetak sendiri foto dengan mesin printer yang ada di dekat Anda atau meminta Yahoo! untuk mengirimkan hasil cetakan melalui pos.



          Melakukan proses mencetak terlebih dahulu harus memiliki foto di dalamnya. Jika belum ada foto yang di-upload, sebaiknya Anda mengupload foto tersebut terlebih dahulu. Untuk proses upload foto dapat dilakukan seperti pada langkah 1 sampai 3 dalam “workshop Berbagi foto dengan Yahoo! Photos”. Jika foto sudah ter-upload, Anda dapat memilih dua opsi pencetakan, yaitu Print at Home untuk mencetak sendiri, atau Order Prints untuk mencetak di rumah. Jika Anda sedang dalam perjalanan dan tidak membawa printer, dapat memilih opsi kedua. Namun jika ada printer dekat Anda, opsi pertama jauh akan lebih murah tentunya.



Jika Anda memilih untuk mencetak sendiri atau Print at Home, maka yang perlu dilakukan setelah memasangkan printer ke komputer, yaitu memilih foto yang akan dicetak. Pilih album yang akan dicetak atau album tempat lokasi foto berada lalu pilih Print at Home. Kemudian pada halaman selanjutnya, Anda akan diminta untuk menentukan foto mana saja yang akan dicetak. Setiap kali mencetak maksimal 10 foto yang akan tercetak. Pilih foto dengan memberikan tanda centang (v), setelah itu tekan tombol Continue.



Sebelum menekan tombol Get Started pilih menu File, Page Setup, Format & Option, Anda harus melakukan penyesuaian halaman terlebih dahulu untuk mencetak foto. Pada bagian format tentukan orientasi foto. Anda harus membuat orientasi berbentuk Portrait. Kemudian pada bagian Scale, jika Anda ingin besar foto menyesuaikan dengan besar yang disediakan oleh kertas pilih Shrink to fit page width. Jika akan mencetak dengan ukuran yang mengacu pada ukuran gambar itu sendiri, pilih besar foto menurut persentasenya. Jika background ingin ikut tercetak pilih Print Background.




Setelah selesai dalam halaman Format & Option, lanjutkan ke halaman Margin & Header/Footer untuk menentukan margin cetakan. Untuk mencetak dengan Yahoo! Photos ada ketentuan margin yang harus diikuti. Begitu pula dengan kertas yang akan digunakan. Anda dianjurkan untuk menggunakan kertas ukuran letter atau kwarto (8,5 x11 inci). Dan margin yang digunakan adalah 2 inci pada masing-masing pinggir. Kemudian pada bagian header/footer isikan setiap kolom dengan pilihan—blank—. Setelah selesai melakukan pengaturan, tekanlah tombol OK.




Setelah selesai semua pengaturan jangan tergesa-gesa mencetak, Anda harus terlebih dahulu mengatur printer Anda. Pengaturan printer dapat dilakukan pada halaman Control Panel. Pilih Printer, lalu pilih lagi printer yang akan digunakan, lalu klik kanan, pilih Set as Default. Kemudian klik kanan kembali dan pilih Printing Preference. Tentukan tinta yang akan digunakan, kualitas cetakan, serta ukuran kertas dan bagian mana gambar akan dicetak. Setelah selesai tekan tombol OK. Kemudian kembali ke halaman Yahoo! Photos dan tekan tombol Get Started.




Pada halaman selanjutnya, pilih bagaimana foto akan dicetak dalam per lembar kertasnya. Semuanya tergantung juga pada ukuran cetakan setiap foto. Jika Anda ingin mendapatkan cetakan seluas 8x10 inci, maka hanya akan ada satu foto yang tercetak. Jika memilih ukuran 4x6 inci, maka akan ada dua foto yang dapat langsung tercetak. Bagaimana? Mana yang akan Anda pilih? Dengan ukuran Wallets atau dompet, Anda dapat mencetak sekaligus 9 foto pada kertas ukuran letter tersebut. Jika sudah melakukan pilihan ukuran, tentukan berapa banyak copy yang akan tercetak setelah itu tekan tombol Print.



Sumber : http://www.indosoftwares.com/info.php?x=nzfMdd6CAkU1Cuc%2FnDVy8pV0v8QVmA%3D%3D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar